keuntungan Mematikan Komputer Menggunakan Shutdwon

keuntungan Mematikan Komputer Menggunakan Shutdwon

Seringkali seseorang yang terburu buru mematikan komputer secara pribadi menggunakan tombol power tanpa melalui proses shutdown.Memang cara ini seolah tak kuat terhadap komputer, tapi bila terlalu sering dilakukan akan beresiko tinggi mempercepat kerusakan pada komputer.
Komputer mati mendadan tanpa melalui proses shutdown juga seringkali diakibatkan oleh putusnya tegangan listrik secara mendadak, untuk itu pakailah alat pengaman (UPS).

Mengapa proses shutdown itu penting?, berikut alasannya:

1.Registrasi ulang software dan data

Pada dikala proses Shutdown, komputer melakukan registrasi ulang terhadap komponen yang digunakan serta software dan data telah dipakai
atau yang di hapus.Jika komputer secara pribadi dimatikan, software dan data yang telah digunakan tidak disimpan kedalam registri,
sehingga suatu dikala ada duduk perkara maka komputer tidak mampu menjalankan system restore berdasarkan tanggal dan waktu yang di tetapkan.

2.Prosesor memberi perintah kepada bios

Pada dikala proses Shutdown, processor menawarkan perintah kepada bios untuk menghentikan seluruh kerja komponen , sehingga arus atau daya yang digunakan akan diputus secara normal.Jika kita mematikan secara pribadi maka komponen -komponen akan mati tanpa dilakukan pemutusan arus secara normal, sehingga lama kelamaan akan menjadikan kerusakan pada komponen komputer.

3.Mendinginkan prosesor

Pada dikala proses Shutdown, fan komputer akan berputar dua kali lebih cepat supaya processor segera dingin, jadi jikalau komputer mati secara langsung, maka pendinginan processor tidak bekerja secara optimal.Saat shutdown komputer akan melakukan saving setting dan konfigurasi termasuk deleteting cached atau page file yang sudah disetting.Karena pekerjaan ini menguras resources, maka suhu processor juga akan meningkat.Akibatnya system power  akan bekerja, dan fan juga akan ikut meningkat putarannya.

4. Merefresh memori

Pada dikala proses Shutdown system memory akan dikosongkan, sehingga pada dikala komputer digunakan lagi memory sudah benar-benar dalam keadaan refresh.Jika kita sering mematikan komputer secara langsung, maka kemungkinan besar memory mampu rusak.

5. Hardisk akan menyimpan data kedalam registry

Pada dikala proses Shutdown, hard disk akan menyimpan data serta menyalin data komponen dan data software kedalam

registry komputer.Dan bila komputer dimatikan secara langsung, maka data komponen dan software tidak disimpan pada registry.Akibatnya, sistem operasi dan software akan error karena adalah banyak terjadi kehilangan file/data.

Selain itu bila melalui proses shutdown, head harddisk akan kembali ke posisi awal (posisi tidak membaca hard disk).Jika komputer mati secara pribadi maka posisi head hard disk masih tetap berada di tengah-tengah silinder hard disk, akhirnya pada dikala komputer dihidupkan kembali mampu merusak silinder hard disk yang akan berakibat terjadi hardisk Bad sector dan lama kelamaan akan menjadikan hard disk rusak.

Tidak mampu ditawar lagi, mematikan komputer tanpa proses shutdown dalam jangka panjang akan menjadikan komputer cepat rusak.Dalam jangka pendek, komputer akan terasa cepat menurun kinerjanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *