Kisah Awal Mula Komputer

Di tahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar hingga tercipta superkomputer, maka sebuah komputer harus melayani beberapa terminal. Untuk itu ditemukan konsep distribusi proses menurut waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), dan untuk pertama kali terbentuklah jaringan  (network) komputer pada lapis aplikasi.

Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.

Pada tahun 1957 Advanced Research Project Agency (ARPA) dibuat oleh Departement of Defence (DoD) USA. Pada tahun 1967 desain awal dari ARPANET diterbitkan dan tahun 1969 DoD menggelar pengembangan ARPANET dengan mengadakan riset untuk menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik (program ini dikenal dengan nama ARPANET).

Memasuki tahun 1970-an, sudah lebih dari 10 komputer berhasil dihubungkan sehingga komputer-komputer tersebut mampu berkomunikasi satu sama lain. Tahun 1972 Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan acara e-mail yang ia ciptakan satu tahun sebelumnya ARPANET. Program ini begitu gampang dan pribadi terkenal dengan memperkenalkan ikon @ yang berarti “at” atau “pada”.

Tahun 1973 jaringan komputer ARPANET berkembang luas keluar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama di luar USA yang menjadi anggota jaringan ARPANET. Pada tahun yang sama, 2 orang hebat komputer, Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pedoman Internasional Network (Internet). Ide ini untuk pertama kalinya dipresentasikan di Sussex University.

Hari bersejarah berikutnya yakni pada tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirim e-mail dari Royal Signal and Radar Establisment di Malvern. Setahun kemudian sudah lebih dari 100 komputer yang tergabung di ARPANET membentuk sebuah network.

Pada tahun 1979 Tom Truscott, Jim Ellis, dan Steve Bellovin membuat newsgroup pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom membuat gebrakan gres dengan meluncurkan telepon TV pertama, di mana orang mampu telephone sambil melihat wajah lawan bicaranya melalui video link.

Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka diperlukan suatu protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibuat Transmission Control Protocol/Internet Protoco (TCP/IP) yang kita kenal hingga dikala ini.

Sementara di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan EUNET, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara Belanda , Inggris, Denmark dan Swedia, yang menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET, dan untuk menyeragamkan alamat di jaringan yang ada.

Pada tahun 1984 diperkenalkan Domain Name System (DNS) yang merupakan sistem penamaan masing-masing unit komputer yang terhubung di jaringan. Telah terhubung lebih dari 1000 unit komputer hingga tahun  1984 itu dan pada tahun 1987 komputer yang tersambung melebihi angka 10.000 unit.

Pada tahun 1988 Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan memperkenalkan IRC dan setahun kemudian jumlah komputer yang terhubung melonjak 10 kali lipat (lebih dari 100.000 unit komputer).

Tahun 1992 yakni tahun yang paling bersejarah ketika Tim Berners Lee menemukan acara editor dan browser yang mampu menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lain. Program ini disebut www (World Wide Web) yang kemudian memunculkan istilah surfing (menjelajah) atau browsing.

Ketika komputer-komputer yang membentuk jaringan semakin banyak dipakai di industri-industri maupun perkantoran kecil hingga besar, dan ketika beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah dipakai konsep proses terdistribusi (Distributed Processing).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *