Tips Memilih Kamera Digital

Tren fotografi digital kini telah jauh melampaui pertumbuhan dari fotografi konvensional. Sebagian besar orang lebih memilih membeli kamera digital , dimana yang lebih ramping, serta membuat kerja fotografi menjadi jauh lebih mudah. Kaprikornus jikalau Anda berencana untuk memburu kamera digital  baik sebagai hobi atau untuk bekerja, di sini akan kita bahas beberapa tips sebelum anda membeli sebuah kamera digital, agar menemukan kamera digital yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Fotografi digital adala teknologi fotografi yang semua proses pengambilan gambar hingga menjadi sebuah foto semuanya menggunakan teknologi digital. Hal ini membuat semua proses fotografi ibarat mengambil, menyimpan, mengubah, mentransfer dan mencetak gambar jauh lebih mudah. Kamera digital telah benar-benar menggeser penggunaan kamera yang menggunakan film, karena ialah banyak keuntungan jikalau menggunakan kamera digital. Tapi didalam pasar kamera digital sendiri, telah terjadi persaingan ketat juga antara produsen. Dengan demikian menjadikan aneka macam pilihan bagi konsumen, dan tentunya kita akan semakin resah untuk memilih mana yang terbaik.
Kata-kata ibarat misalnya mega piksel atau optical zoom agak sulit dimengerti oleh orang yang sedikit pengetahuan mengenai teknis kamera digital.

Untuk itulah, disini akan kita bahas beberapa tips panduan sebelum membeli kamera digital yang terbaik bagi Anda, mungkin memiliki kegunaan bagi yang masih belum begitu paham dengan istilah-istilah pada kamera digital dan maksudnya.

Tips Memilih Kamera Digital

Panduan sebelum membeli kamera digital akan menekankan pada pengenalan asesoris yang menuju pada dasar-dasar teknik fotografi digital. Dasar-dasar ini termasuk mega pixel, zoom, baterai, exposur setting dll . Berikut ini Mari kita lihat masing-masing aspek yang perlu diperhatikan satu persatu:

Mega Pixel

Mitos yang berkembang pada masyarakat umumnya ialah “semakin tinggi megapiksel kamera, maka akan baik juga kualitas gambarnya. Dalam teknik fotografi, hal ini tak sepenuhnya benar.Mega piksel tinggi hanya diharapkan bila Anda menginginkan untuk menerima cetakan gambar yang ukurannya besar . Jika Andahanya menjalankan aktifitas fotografi hanya sebagai hobi  atau hanya untuk mengabadikan momen spesial, maka kamera dengan resolusi 5 mega pixel saja sudah merupakan pilihan yang ideal. Tetapi jikalau Anda ingin mengejar profesi sebagai fotografer profesional, resolusi kamera yang tinggi ialah pilihan Anda.

Optical Zoom

Ketika Anda melihat pada fitur zoom pada kamera , Anda akan dihadapkan pada dua pilihan – ialah optical zoom dan digital zoom. Pada kamera digital dengan optical zoom, lensa kamera digeserkan secara fisik dengan tangan, sedangkan pada kamera digital dengan digital zoom, untuk memperbesar obyek tangkapan menggunakan fungsi elektronik. Biasanya, kamera digital dengan optical zoom dianggap lebih baik daripada digital zoom. Kamera digital dengan 4x zoom dianggap kamera yang sudah cukup ideal untuk fotografi amatir.

Baterai

Banyak orang yang membeli kamera digital seringkali mengabaikan komponen batterai pada  kamera. Kekuatan baterai perlu dipertimbangkan, karena ialah jikalau anda akan mengabadikan momen penting, ternyata baterai low pasti akan sedikit menyesal. Kualitas Baterai yang rendah juga mampu mengganggu kualitas gambar yang dihasilkan. Kamera digital yang mahal, belum tentu melengkapi dengan baterai yang kualitas baik. Bahkan beberapa kamera digital dengan harga terjangkau justru memiliki baterai dengan rata-rata waktu menyimpan listrik lebih lama daripada kamera yang tergolong  kelas mahal.

Pengaturan Eksposur

Ketika membeli kamera digital, pilih salah satu yang memiliki fitur termudah dalam menggunakan pengaturan eksposur. Kecepatan rana dan bukaan lensa merupakan aspek penting dari kamera digital. Sebuah kamera digital dengan kontrol eksposur yang baik, mampu membantu Anda untuk mengambil gambar berkualitas baik, termasuk saat menjepret benda bergerak. Anda juga harus mencar ilmu keterampilan dasar fotografi , ialah cara menggunakan pengaturan eksposur yang benar.

Dan yang paling Lebih penting lagi yaitu, kamera yang Anda pilih haruslah user-friendly. Komponen ibarat modus makro dan flash seharusnya lebih simpel digunakan. Dan terakhir, dan terpenting ialah untuk bersabar. Anda tidak mampu menjadi seorang fotografer yang mahir hanya dalam waktu semalam. Anda harus mau mempelajari dasar-dasar fotografi digital dan memahami apa dan bagaimana kamera digital yang Anda pergunakan.
Selama Anda mampu menangani kamera digital ibarat seorang profesional, maka Anda sudah mampu disebut mahir, dan itu memang membutuhkan beberapa waktu.

Permulaan yang baik untuk lebih mengenal teknik fotografi digital ialah bagaimana cara membeli kamera digital yang berkualitas dan juga sesuai dengan Anda. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *